Kalori yang dibutuhkan saat diet

Posted on Posted in Tips Sehat

Kalori, diet sangat erat hubungannya dengan kalori. Ketika menjalani diet, anda tidak hanya perlu mengurangi porsi makanan, tetapi anda juga perlu untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Hal tersebut dikenal dengan istilah defisit kalori dan bertujuan agar jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dibandingkan kalori yang terbakar.

sarapan sehat untuk diet kalori

Sebenarnya, perkara hitung-hitungan kalori untuk diet cukup sederhana ya. Apabila kamu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada kalori yang dibakar setiap harinya, berat badan akan naik. Sebaliknya, apabila kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak kalori melalui aktivitas fisik, berat badan pun bisa turun.

Wanita Berolahraga saat Diet Kalori

Rata-rata wanita memerlukan asupan sebanyak 2000 kalori per harinya, dan untuk mengurangi berat badan, anda hanya perlu mengurangi 500 kalori menjadi 1500 kalori.

Sedangkan rata-rata pria memerlukan asupan sebanyak 2500 kalori per harinya, dan untuk mengurangi berat badan, anda hanya perlu mengurangi 500 kalori menjadi 2000 kalori.

Diet kalori bisa dilakukan dengan mengubah pola makan sehari-hari. Berikut ini adalah panduan pola makan yang dapat Anda coba lakukan:

  1. Kurangi asupan karbohidrat
  2. Konsumsi lebih banyak protein
  3. Hindari minuman bersoda dan jus buah kemasan
  4. Minum lebih banyak air putih
  5. Rutin berolahraga

Sama seperti diet pada umumnya, diet kalori juga bisa menyebabkan munculnya efek samping, seperti sakit kepala, pusing, mual, dan susah buang air besar.  Dan jika dilakukan secara berlebihan atau terlalu ekstrem juga berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, misalnya batu empedu.

Oleh karena itu, konsultasikan pada dokter atau ahli gizi untuk mengetahui berapa kalori yang kamu butuhkan setiap hari. Bersama dengan ahli gizi Dietplus, kamu juga bisa menyusun rencana diet yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.