Diet Atau Olahraga? Mana Yang Lebih Efektif?

Posted on Posted in Diet

Diet atau Olahraga? Mana yang lebih baik? Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat kita ingin menurunkan berat badan.

Keduanya adalah hal yang baik bagi kesehatan namun banyak yang salah paham hingga hanya memilih salah satunya.

Diet tanpa olahraga tidak akan memberikan dampak baik pada kebugaran tubuh kita.

Sedangkan olahraga tanpa mengatur pola makan tidak akan membantu kita mencapai berat badan yang diinginkan.

 

Diet atau Olahraga

 

Tapi, Dr. Swinburn dan koleganya mengatakan bahwa olahraga dalam memerangi obesitas itu penting namun berikan sedikit lebih banyak usaha pada mengatur apa yang kita makan.

Ada beberapa hal yang perlu kita luruskan bersama dalam program menurunkan badan kali ini.

Sebenarnya, Diet itu apa?
(source : @dietplusbandung)

Pertama, Diet adalah mengatur pola makan, bukan memangkas porsi makan.

Kedua, Olahraga adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara terstruktur dan teratur.

Namun, yang perlu kamu lakukan adalah membuat badanmu bergerak aktif.

Membersihkan rumah, merapikan tempat tidur, berbelanja, bahkan memasak adalah segala bentuk aktivitas fisik.

Jadi, tidak perlu memaksakan badanmu banjir keringat demi mendapatkan berat badan yang ideal.

 

 

TIPS DIET POLA MAKAN SEHAT (untuk menurunkan berat badan) :

1. Kurangi Mengkonsumsi Karbohidrat.

(source : google.com)

Mengurangi gula dan pati adalah cara efektif untuk mencapai berat badan ideal.

Banyak studi ilmiah modern telah membuktikan bahwa, rata-rata rendah karbohidrat bisa menjadi cara paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi tahun 2012 juga mengatakan ternyata orang-orang yang melakukan diet rendah karbohidrat, mengeluarkan total energi yang jauh lebih sedikit dari diet rendah lemak, kurang lebih bedanya hingga 300 cal lohh!

Ini menjadi salah satu alasan mengapa lebih baik melakukan diet rendah karbohidrat dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Tapi, ini semua balik lagi pada pilihanmu okay?

Jika kamu merasa kesulitan atau kebingungan bagaimana memulai program diet atau cara mengatur pola makan.

Kamu bisa klik disini atau kunjungi website kami di dietplus.id agar kamu bisa konsultasi secara gratis dengan Ahli Gizi.

2. Jangan Sampai Kelaparan.

Kesalahan umum dalam program menurunkan berat badan adalah membiarkan perutmu keroncongan karena lapar.

Ketika kamu sudah mengurangi asupan karbohidrat, tolong jangan merasa takut pada lemak yaaa!

Karbohidrat dan lemak adalah dua sumber utama untuk tenagamu, jadi kamu butuh salah satu dari dua hal tersebut.

Jika kamu mulai merasa lapar, kamu bisa makan lebih banyak lemak alami seperti :

  • Daging Merah
  • Ikan
  • Telur
  • Minyak Kelapa dan Mentega

3. Kurangai Makanan Kemasan.

Jangan tertipu dengan tulisan “low-fat”, “low-carb”, “sugar-free” atau semacamnya di kemasan-kemasan makanan.

Tolong makanlah dengan benar dan sehat.

Dalam sehari-hari saja kamu perlu makan dengan sehat, apalagi saat kamu sedang program menurunkan berat badan.

Prioritaskan makanan yang sudah dimakan oleh manusia selama berjuta-juta tahun lamanya seperti daging merah, ikan, ayam, sayur, telur, kacang-kacangan, dan lainnya.

Mulai sekarang, coba belajar menghindari makan makanan instan atau kemasan.

Masaklah makananmu dengan benar, jika kamu merasa ini repot atau kamu tidak memiliki waktu, coba minta bantuan pada Catering Diet yang terpercaya untuk mengatur pola makanmu.

Berikut tips agar kamu bisa memilih apa yang perlu kamu konsumsi :

  • Gantilah margarin dengan mentega (lebih bagus yang organik).
  • Gantilah minyak gorengmu dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Belilah sayur lokal dan organik jika memungkinkan. (kamu bisa membeli sayur organik di sini)
  • Gantilah tepung terigu dengan gandum utuh (tepung terigu putih ADALAH tepung terigu. ini hanya variasi yang berbeda dan rasanya lebih lembut)
  • Gantilah nasi putih dengan nasi merah.
  • Tingkatkan asupan sayuran kamu. Minimal makanlah sayur satu kali sehari.
  • Hentikan konsumsi soda. Gak ada pengecualian! Hentikan sekarang juga!
  • Gantilah camilan-camilan yang dibeli di toko dengan camilan asli buatan sendiri. Meskipun tertulis low-fat atau low-carb, jangan pernah makan camilan toko terlalu sering.

4. Hindari Makan Buah Terlalu Sering.

Mengejutkan bukan?

10% kandungan di dalam buah adalah gula dan sisanya itu air.

Memang kandungan gula di dalam buah diimbangi juga dengan banyaknya manfaat nutrisi vitamin buah-buahan.

Namun, lima porsi buah per hari bisa setara dengan jumlah gula dalam 16 ons (500 ml) soda sekitar 52 gram gula!

Gula dari buah tidak membahayakan tapi gula dari buah dapat menghambat program penurunan berat badanmu karena mampu meningkatkan rasa lapar.

(source : google.com)

Meskipun banyak diet ekstrim mengatakan bahwa makan buah-buahan benar-benar harus dihentikan, tapi lebih baik mengkonsumsi buah asli jika kamu menginginkan sesuatu yang manis dibandingkan mengkonsumsi camilan manis kemasan.

Setuju kan?

Semua balik lagi pada kalimat “jangan terlalu sering”. Sesekali diperbolehkan karena kandungan vitamin mineral dalam buah juga baik.

Namun tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan yaa.

5. Jangan Stress dan Tidur yang Cukup.

(source : google.com)

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon pada tubuh yang nantinya akan memancing rasa lapar.

Kalau kamu lapar, alhasil kamu akan memakan sesuatu yang nantinya meningkatan berat badanmu bukan?

Penjelasan singkatnya, terdapat penelitian oleh Ilmuwan dari Leeds University yang hasilnya pada saat kita stress, badan kita akan melepaskan glukosa untuk menambah energi.

Karena saat kita stress, kita diberikan dua piliham yaitu “lawan atau lari”.

Pada saat stress, badan kita merespon seakan kita sedang diserang dan akhirnya melepaskan glukosa untuk menambah energi pada otot.

Alhasil gula darah kita akan terus meningkat jika kita memilih “melawan” atau terus bergulat dengan stress.

Berbeda pada saat kita memilih lari atau menghindar, badan kita akan melepaskan hormon insulin dan gula darah pun akan menurun.

Tapi kamu belum boleh lega dulu!

Karena pada saat pelepasan insulin dan gula darah menurun, badanmu akan bereaksi dengan menimbulkan rasa lapar terutama pada karbohidrat manis.

Inilah mengapa saat kamu sedang berusaha konsisten dalam program dietmu, kamu sangat tidak diperbolehkan mengalami stress.

Lalu bagaimana dengan kurang tidur?

(source : google.com)

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mungin banyak yang ngerasa jika mengatur jam tidur adalah hal yang sulit.

Kebutuhan masa tidur tiap orang emang beda-beda, tapi salah satu peneltian telah mengamati perubahan berat badan ketika orang tidur kurang dari tujuh jam semalam.

Sebuah penelitian menemukan bahwa jam tidur yang singkat bisa meningkatkan kemungkinan obesitas sebesar 89% pada anak-anak dan 55% pada orang dewasa.

Jadi meskipun ini sulit karena keterbatasan waktu dan kesibukan orang berbeda-beda, jika kamu sedang program menurunkan berat badan, kamu harus mematuhi tips yang satu ini.

 

TIPS OLAHRAGA (untuk menyeimbangi diet pola makan sehat) :

1. Lakukan olahraga 30-60 menit sehari.

Percayalah, yang kamu lihat tentang olahraga demi menurunkan berat badan itu terlalu dilebih-lebihkan.

Banyak yang mengatakian hanya naik turun tangga atau berjalan kaki beberapa meter tidak akan menurunkan berat badan kamu.

Itu mitos.

Sebagai awalanmu dalam program menurunkan berat badan, melakukan olahraga diperlukan hanya 30-60 menit dalam sehari untuk hasil yang benar-benar nyata.

Sama hal nya dengan apa yang kita bahas di awal pembahasan ini.

Dengan melakukan aktifitas fisik setengah hari atau beberapa jam, kamu dapat memenuhi kebutuhan olahragamu tiap harinya.

Meskipun efek olahraga selalu dibesar-besarkan, tapi tetap olahraga memiliki peran penting untuk kesehatanmu meskipun tanpa menurunkan berat badan.

Hal yang perlu kamu ingat adalah tetap sangat tidak dianjurkan jika kamu makan makanan tidak sehat dan menggantinya dengan berolahraga terus menerus.

Itu sama saja dengan kamu menutupi kesalahanmu dengan olahraga tapi melubanginya lagi dengan makanan tidak sehat.

Lalu untuk apa kamu berusaha hingga seluruh badanmu terasa sakit?

2. Jangan Paksa Badanmu

Definisi olahraga berlebihan mungkin akan berbeda-beda bagi setiap orang.

Tapi, efek dari overtraining atau burnout tentu dapat terjadi pada siapa aja yang melakukan olahraga dalam volume tinggi.

Olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan kelelahan, nyeri otot dan persendian yang gak ada kaitannya sama cedera tertentu, susah tidur atau bahkan masih merasa kurang istirahat saat bangun tidur dipagi hari.

Pikirkan kembali hasil apa yang ingin kamu dapatkan dari berolahraga.

Jangan sampai niat sehatmu malah membuat kamu tersiksa.

Ingat!

Apa yang menurut badan orang lain baik, belum tentu baik juga untuk badanmu.

Jadi, mulailah dari mengaktifkan badanmu terlebih dahulu dengan cukup lebih sering bergerak.

Tidak perlu melakukan latihan khusus seperti yang sering kamu lihat di TV atau Youtube.

Beraktivitas sama saja dengan menggerakan badanmu bukan?

Hanya lakukanlah secara rutin, sering, dan teratur.

Barulah kamu mulai tambahkan dengan latihan serta olahraga khusus.

What do you think?