Sehat Dengan Tips Pola Makan Yang Benar

Posted on Posted in Uncategorized

Sehat adalah kebahagiaan bagi semua orang apalagi di masa pandemi Covid sekarang. Pada dasarnya, gak ada makanan yang dibuat khusus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh apalagi bisa menangkal serangan virus Corona (Covid-19).

Tapi, ada banyak banget makanan yang bisa ngebantu kita buat mendukung zat-zat nutrisi di dalam tubuh, terutama zat-zat yang berperan penting dalam mengelola fungsi sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengatur pola makan sehari-hari merupakan cara yang paling baik dan aman.

 

Berikut ada Tips Pola Makan Sehat yang bisa paling dasar untuk permulaan :

Tips Pola Makan Sehat

1. Buatlah Jadwal Makan, Pilah Makanan yang Dibutuhkan Tubuh.

Mendengar berita pandemi Covid-19 ini, gak sedikit masyarakat mulai berlomba-lomba membeli bahan makanan secara berlebihan.

Selain merugikan orang lain, menimbun makanan juga bisa merugikan diri kita sendiri.

Kenapa?

Karena dapat memancing kita jadi sering memakan makanan yang gak dibutuhkan oleh tubuh.

Alhasil, selain tertimbun di dalam rumah, makanan instan yang tidak sehat pun akan tertimbun di dalam tubuh kita.

Belum lagi kalau kita makannya secara berlebihan.

Sudah jadi rahasia umum jika hal tersebut bisa mengganggu sistem kerja tubuh kita, terutama dapat mengakibatkan kadar gula darah yang melonjak tinggi.

Maka dari itu, ayo kita mulai utamakan makanan-makanan yang bermanfaat terutama dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan sama tubuh.

Berikut adalah makanan-makanan yang dianjurkan ketika kita mau fokus memenuhi kebutuhan nutrisi kita :

 

  • Buah-buahan dan sayuran adalah makanan paling penting untuk memasok nutrisi-nutrisi yang penting untuk badan kita.
(Image Source : google.com)

Buah-buahan dan sayur-sayuran punya kandungan yang rendah kalori tapi padat nutrisi, yang berarti mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Cobalah untuk membiasakan makan 5 (lima) porsi buah-buahan dan sayur-sayuran perharinya.

Kebiasaan ini akan secara alami membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan bahkan membantu kita mengurangi makan makanan yang gak sehat.

 

  • Biji-bijian utuh mempunyai 3 (tiga) bagian dan masing-masing bagiannya berisi nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan.
(Image Source : google.com)

Bagian terluarnya kaya akan serat serta memasok vitamin B, antioksidan, dan terdapat fitokimia yang setelah diteliti kandungan senyawa kimia alami ini mempunyai peran dalam pencegahan penyakit.

Sedangkan bagian dalam biji-bijian utuh adalah tempat untuk menampung karbohidrat, protein, dan sejumlah kecil vitamin B dan mineral.

 

 

  • Protein nabati dan hewani
(Image Source : google.com)

Protein adalah bagian yang penting karena bisa membantu membangun, memperbaiki, dan memelihara struktur tubuh.

Taukah kamu kalau makanan yang berasal dari nabati dan hewani bisa memberikan protein?

Bedanya, protein hewani lebih lengkap dibandingkan dengan protein nabati.

Protein hewani dianggap sebagai sumber protein terkaya yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Kenapa kita membutuhkan Protein?

Protein adalah salah satu zat penting untuk menyempurnakan fungsi serta sistem kekebalan tubuh.

Contoh protein dari sumber hewani dan nabati adalah kacang-kacangan, ikan, telur, produk susu dan juga daging.

 

  • Lemak adalah bagian penting dari diet sehat, tapi makanlah lemak yang tidak jenuh dan punya banyak manfaat.
(Image Source : google.com)

Salah satu fungsi lemak tak jenuh adalah meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta bisa membantu menjaga berat badan.

Sebenarnya gak semua lemak jenuh itu benar-benar gak sehat lohh.

Daging dari hewan yang diberi makan rumput, susu tinggi lemak, dan juga kelapa, adalah sumber lemak jenuh yang tidak apa-apa jika kita konsumsi.

Namun, lain cerita jika lemak jenuhnya berasal dari makanan cepat saji, produk goreng, atau daging olahan.

Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan kita.

Meskipun ada beberapa sumber lemak jenuh yang aman kita konsumsi, tetap saja tidak boleh berlebihan.

Maka dari itu, seimbangkan konsumsi antara lemak tak jenuh dan lemak jenuh disetiap makanan kita.

Bahkan jauh lebih baik jika memperbanyak lemak tak jenuh dibandingkan lemak jenuh.

 

 

2. Waspadalah Pada Ukuran Porsi Makan.

Temukan porsi yang tepat untuk badan kita.

Memang susah, tapi ini harus mulai diperhatikan.

Jangan sampai kita makan terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit.

Lalu, bagaimana caranya?

Mulailah dengan cari panduan dari sumber terpercaya tentang porsi sehat untuk orang dewasa dan begitu pula untuk anak kecil.

Jika masih bingung dan ngerasa kesulitan, tanyakan sama seorang ahli gizi bagaimana baiknya ukuran porsi yang pas untuk badan kita.

Akan jauh lebih jika bisa melakukan konsultasi setiap harinya, agar kita bisa tau apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dan apa yang tidak.

 

Ahli Gizi dari Dietplus Bandung yang siap membimbing kita semua selama program berlangsung.

 

3. Batasi Asupan Garam, Gula dan Lemak.

Sekarang ini, banyak terjadi masalah kesehatan di berbagai negara terkait dengan kebiasaan makan yang buruk.

Pilihan Menu Sehat Dietplus

Makan lemak jenuh, ditambah garam dan juga gula berlebih adalah pola makan yang sangat tidak baik.

Dan sayangnya, kebanyakan masyarakat masih belum menaruh perhatian akan hal tersebut.

Makanan-makanan yang mengandung 3 (tiga) hal tadi jangan pernah kita konsumsi secara berlebihan.

Karena faktanya, dengan mengurangi sedikit saja garam, gula, dan lemak jenuh dapat memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh.

Makanan dengan tingkat garam, gula dan lemak jenuh yang tinggi cenderung rendah akan serat dan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral.

Hal tersebut tentu aja bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh kita yang memerlukan asupan nutrisi.

Pada masa pandemi Covid-19 sekarang, sistem kekebalan tubuh kita adalah hal yang penting yang harus kita jaga baik-baik.

Jadi, mulai biasakan pola makan yang sehat dari sekarang ya.

 

 

4. Konsumsi Serat yang Cukup.

Serat berkontribusi pada sistem pencernaan yang sehat.

Bahkan, manfaat dari makanan dengan kandungan serat yang tinggi itu gak cuman melancar kan perncernaan loh.

Makanan tinggi serat punya banyak manfaat seperti menurunkan resaiko penyakit jantung, stroke dan diabetes, meningkatkan kesehatan kulit, dan bisa membantu kita menurunkan berat badan juga.

Maka dari itu, awali hari kita dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat.

Ganti nasi putih, roti, dan pasta dengan beras merah atau olahan whole grain.

Tambahkan juga buah-buahan utuh bukan olahan seperti jus atau minuman kemasan.

Terutama minuman kemasan karena itu sangat berbahaya bagi tubuh.

Mengkonsumsi suplemen tinggi serat bisa jadi alternatif waktu kita gak bisa menemukan serat dari makanan.

Tapi tetap saja, cara alami dalam memenuhi serat yang dibutuhkan sama badan kita adalah melalui makanan.

 

 

5. Menjaga Kadar Cairan yang Dibutuhkan Tubuh.

Kalian tau gak?

Source : Instagram Dietplus

Ternyata badan kita itu sangat bergantung sama air untuk bisa bertahan hidup loh.

Hal ini karena air membentuk 60% berat dalam tubuh manusia, dan air juga berperan sangat penting untuk hampir setiap fungsi tubuh.

Maka dari itu, setiap sel, jaringan, dan juga organ tubuh kita sangat membutuhkan air agar bisa bekerja dengan baik.

Contohnya, air bermanfaat buat menjaga suhu tubuh kita, melumasi sendi-sendi, melancarkan pencernaan, dan masih banyak manfaat lainnya sehingga air sangat dibutuhkan untuk kesehatan.

Konsumsi air putih adalah yang terbaik untuk menjaga tubuh kita agar tetap terhidrasi.

Lalu, apa yang akan terjadi kalau kita kurang mengkonsumsi air putih?

Berikut adalah gejala-gejala yang terjadi saat kita mengalami dehidrasi :

  • Sedikitnya air urine atau bahkan tidak ada
  • Warna urine menjadi lebih gelap dari biasanya.
  • Mulut terasa kering.
  • Gampang ngerasa capek.
  • Rasa haus yang berlebihan.
  • Sakit kepala.
  • Pusing -pusing.
  • Tidak ada air mata waktu menangis.
  • Jangan menunggu sampai kita ngerasa gejala-gejala di atas ya.

Ada beberapa orang yang punya resiko tinggi dehidrasi seperti mereka yang baru selesai olahraga berat, ibu hamil atau menyusui juga rentan dehidrasi, orang yang sedang demam, muntah, atau diare, bahkan yang lagi berusaha nurunin berat badan juga akan ngerasa gampang haus dan mudah dehidrasi.

Buat menghindari gejala-gejala yang tadi disebutkan, tetaplah menjaga kadar cairan dalam tubuh kita agar tidak mengganggu kerja tubuh.

Selain mengkonsumsi air minum sesuai anjuran yaitu 6 (enam) gelas sampai 8 (delapan) gelas setiap harinya, kita juga bisa menghidrasi tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan utuh dan sayuran.

What do you think?