Resep

Resep Simple Roti Wholemeal Naan

Dengan campuran tepung gandum roti naan ini cukup untuk menggantikan seporsi nasi ketika sarapan atau pun makan malam, karena rasanya yang netral roti naan dapat dikombinasikan dengan makanan asin atau manis sesuai dengan selera anda, sebagai ide awal coba nikmati roti naan dengan telur ceplok atau dadar dengan saus tomat, nyam.. nyam..

Berikut resep dan instruksi roti wholemeal naan untuk 8 porsi.

Bahan:

  • Tepung Terigu 225 gr
  • Tepung Gandum 25 gr
  • Ragi 5 gr
  • Gula 1/2 sdm
  • Air 120 gr
  • Susu 30gr
  • Minyak 3 sdm
  • Garam 3 gr

Instruksi:

    1. Campuran bahan kering: masukan tepung terigu dan tepung gandum di wadah yang cukup besar supaya mudah dan leluasa, aduk hingga bahan tercampur dengan baik.
    2. Aktifkan ragi: campur ragi, gula dan air pada wadah terpisah aduk hingga menyatu, lalu diamkan 3-5 menit.
    3. Campur bahan basah: masukan ragi yang telah aktif ke dalam campuran bahan kering (No. 1), masukan juga susu dan minyak, aduk bahan-bahan tersebut hingga terlihat mulai menyatu dan membentuk adonan.
    4. Masukan garam terakhir, supaya ragi dan tepung memiliki waktu untuk menyatu terlebih dahulu. Garam di awal akan menghambat atau membunuh aktivitas ragi, sehingga roti tidak mengembang dengan baik.
    5. Uleni (knead) adonan yang sudah dicampur garam, tujuannya menguleni adalah supaya tepung yang sudah bercampur dengan air “dibantu” membentuk jaringan gluten (yang fleksibel) sehingga adonan menjadi mudah mengembang. Tidak perlu hingga kalis atau gluten terbentuk sempurna cukup 10 – 20 menit. Lihat video untuk instruksi jelasnya.
    6. Istirahatkan adonan supaya mengembang, selama kurang lebih 20-30 menit. Jangan lupa tutup adonan selama diistirahatkan supaya tidak kering.
    7. Porsi adonan jadi 8 bulatan, lalu pipihkan adonan supaya menjadi bulatan datar hingga kira-kira setebal kue mari atau sesuai selera, gunakan tangan atau rolling pin, lumuri rolling pin dengan sedikit minyak atau tepung supaya tidak lengket (optional). Jika tidak ada rolling pin bisa juga menggunakan botol. Adonan bisa disimpan dalam lemari es untuk dipanggang besok.
    8. Gunakan pan yang cukup datar dengan api sedang, tidak perlu menggunakan minyak lagi. Panggang hingga berubah warna lalu balikan.
    9. Silahkan menikmati selagi hangat.

What do you think?