Diet

Ketogenik, Merubah Metabolisme Tubuh Dari Gula Ke Lemak

Diet Ketogenik merupakan pola makan tinggi lemak dan tanpa (baca: sangat sedikit) karbohidrat yang bertujuan merubah metabolisme tubuh supaya beralih ke pembakaran lemak untuk mendapatkan energi.

Dalam bahasa yang sederhana setidaknya ada 2 metabolisme tubuh dalam mendapatkan energi, melalui:

  1. Pembakaran gula atau glukosa, ketika pola diet seseorang tinggi karbohidrat maka otomatis tubuhnya akan mendapatkan energi dari gula, karena pada akhirnya karbohidrat akan diubah menjadi glukosa.
  2. Pembakaran lemak sehingga menghasilkan keton, ketika pola diet seseorang tinggi lemak maka tubuh pun akan beradaptasi untuk membakar asupan lemak, syaratnya konsumsi glukosa (dan karbohidrat) harus ditekan hingga 20gr – 100gr per hari. Yang harus diingat adalah karbohidrat juga terkandung dalam buah, sayuran, kacang-kacangan dan bahan makanan lainnya.

Penamaan ketogenik berasal dari keton atau zat yang dihasilkan oleh liver ketika tubuh menjalani asupan karbohidrat yang sangat rendah, keton juga berfungsi sebagai sumber energi, kondisi seperti ini dikenal dengan ketosis.

Simak video dari dr. A. Firmansah, SpGK, MKes mengenai diet Ketogenik, manfaatnya bagi tubuh dan makanan apa saja yang harus disiapkan untuk menjalani diet ini.

What do you think?